Siswa di kelas tradisonal sering menggambarkan matematika sebagai pekerjaan mencari jawaban. mereka mempertimbangkan tentang "penjumlahan" dan "mengerjakan perkalian". Berbeda dengan koleksi kata kerja berikut yang dapat ditemukan pada literatur-literatur yang membahas tentang perubahan ddalam pendidikan, dan semuanya digunakan dalam Prinsip-prinsip dan Standar, yaitu:
- mengungkapkan
- menyelidiki
- menduga
- menyelesaikan
- membuktikan
- menyajikan
- merumuskan
- menentukan
- mengkonstruksikan
- menguji
- menerangkan
- menggambarkan
- mengembangkan
- memperkirakan
- menggunakan
Kata-kata ini menyatakanproses "memahami" dan proses "menjelaskan". Ketika siswa dilibatkan dalam bermacam-macam kegiatan yang didasarkan pada kata-kata kerja di atas, maka seharusnya tidak mungkin mereka hanya akan menjadi pendengar atau pengamat yang pasif. Mereka perlu secara aktif terlibat memikirkan ide-ide matematika yang dibahas. Jika kegiatan-kegiatan seperti ini dilakukan setiap hari di dalam kelas maka siswa akan memperoleh pesan yang menguatkan :
"Anda mampu memahami ini.Anda mampu mengerjakan matematika!"
No comments:
Post a Comment